CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 02 April 2010

Happy Birthday H.C Andersen !!

















google doodles kali ini beda lagi, kali ini tujuannya adalah untuk memperingati hari kelahiran Hans Christian Andersen, 205 tahun yang lalu, Andersen kecil lahir di Odensen, Denmark di rumah bercat kuning di jalan Hans Jensens Straede yang kini menjadi museum H.C Andersen dan menjadi salah satu objek wisata di Denmark. Dia terlahir dari sebuah keluarga kecil yang miskin, ayahnya, Hans Andersen adalah seorang pekerja di pabrik sepatu dan ibunya, Anne Marie Andersdatter, bekerja sebagai buruh cuci, meski begitu, sejak kecil Andersen sudah mengenal dunia dongeng, ayahnya selalu mengajak dia menonton sandiwara dan ibunya memperkenalkannya pada dongeng dan cerita rakyat. setelah ayahnya meninggal pada tahun 1816, kehidupan Andersen semakin sulit, dia mulai bekerja sebagai penjual rokok dan pada tahun 1819 dia pindah ke ibukota Denmark, disana dia berharap menjadi seorang aktor atau penyanyi, ya!, pada awalnya dia berhasil menjadi aktor sekaligus penyanyi namun karena suaranya berubah karena datangnya masa pubertas, ia mengundurkan diri dan mulai menjadi penulis skenario sandiwara, namun, karyanya ditolak dimana-mana.
akhirnya ia bertemu dengan Raja Denmark, Frederik IV, dan membiayai sekolahnya, setelah sekolahnya selesai. setalah sekolahnya selesai, ia melanjutkan ke Universitas Kopenhagen, lagi-lagi, biaya sekolah Andersen ditanggung oleh direktur Royal Theater, Jonas Collin.
pada awalnya, Andresen memang tidak langsung menulis cerita anak-anak, dia menulis banyak cerita, puisi, sajak, dan novel. dan pada tahun 1835, dia menerbitkan Tales For Childern, dari situ Andersen terus membuat cerita anak-anak, hingga melegenda dan diterjemahkan dalam 150 bahasa termasuk bahasa indonesia.salah satunya yang mungin masih melekat dibenak kita adalah cerita bebek buruk rupa (little ugly duckling), little mermaid, atau the emperor's new clothes. semua anak membacanya dan mendapat pelajaran berharga darinya.
setelah melakukan perjalanan ke Paris, Andersen jatuh sakit dan meninggal karena beberapa penyakit pada 4 agustus 1874 dan dimakamkan di pemakamam khusus Kopenhagen. selama hidupnya Andersen tidak menikah, dia pernah menyimpan hati pada penyanyi opera, Jenny Lind dan pada Riborg Voigt, namun keduanya, tidak bersambut. mungkin karena itu juga Andersen tidak punya rumah selama hidupnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

if you like my article or writing.
please leave me your comment for supporting me to write better.
thanks:D