CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 20 September 2010

Lebaran dimana-mana.....!!


selamat hari raya Idul Fitri ya semua?. moga-moga puasa kita diterima sama Allah SWT. haha. sebelumnya gue mau minta maaf dulu, pasti orang-orang kalau baca postingan gue bakal ilfeel se-ilfeel ilfeelnya sama gue, please deh! hari gini baru ngucapin selamat lebaran! selamat lebaran!. hahaha. emang bener, tapi lebih baik terlambat daripada enggak sama sekali. maklum, scara gue pelajar yang baik dan benar, jadi waktu-waktu gue selalu abis sama belajar, ngerjain tugas, kumpul organisasi, dan main. so? enggak ada waktu tidur. apalagi buat tidur siang. nah, berhubung libur, jadi gue habisin aja buat main, ngumpul, dan TIDUR!. yea! i love sleep. oh ya, dipostingan kali ini, uge gak hanya menyajikan ucapan selamat buat kalian semua para pembaca blog ku(emang siape coba ya yg mau baca blog bulukan gue?), gue juga bakal ngenyajiin suasana lebaran dari beberapa kota diluar indonesia. langsung? OK!.

1.Singapura, Geylang Serai.
di singapor, pusat kemeriahan ramadhan dan lebaran ada di Geylang serai, kenapa haru di geylang serai? kenapa enggak di marina bay? pulau hantu? orchard road? bukit timah? serangoon? atau malah chinatown?. ehm, gue juga cuma taunya karena pusat kampung melayu itu ada di geylang serai, so? karena penduduk disitu mayoritas islamnya lebih banyak dari pada ditempat lain, makanya suasana ramadhan dan lebaran lebih kerasa di sini.
suasana aidilfitri light up di geylang serai photo by Keropokman.blogspot.com
 makanan khas lebaran disini juga ketupat loh? ada rendang juga, tapi kalau disini itu makannya bukan pake opor ayam, tapi pakei sayur lodeh, dan kue-kue lebarannya juga sama, ada nastar, dan lain-lainlah. selama bulan puasa, digeylang serai juga diadakan bazaar ramadhan. isi bazaar ini macam-macam, mulai dari makanan buka puasa, baju lebaran, sandal, sepatu, hingga hiasan rumah.

menurut temanku yang bermukim disana, lebaran atau aidil fitri disana cukup ramai, apalagi dengan adanya bazaar ramadhan, ketupat plus teman-temannya(rendang, gulai dan lain-lain) juga tersedia disana. kue(h)-kue(h) ramadhan juga banyak dijual, perlengkapan shalat dan baju dulag(baju lebaran) juga banyak disana. pokoknya enggak kalah meriah deh sama dinegeri kita.

2. United Kingdom
Kita masuk ke tahap yang sedang, dimana Islam belum semeriah di SG. di Inggris, menurut berhubung masyarakat muslimnya perbandingannya sedikit dengan jumlah penduduk UK, makanya enggak terlalu terasa ramai.
berikut suasana shalat Jum'at di East London Mosque, SubhanAllah ya? mesjidnya penuh banget, ame ke pintu-pintu. untuk hari lebaran, di Inggris, tidak disediakan ketupat, atau rendang apalagi opor ayam seperti yang masih kita bisa temui disingapor sana, tapi, masyarakat disini menikmati samosa, samosa itu kalau dikita mungkin, disebut pastel, yup! samosa adalah daging atau sayuran yang dibungkus kulit lumpia lalu digoreng hingga kering, terus dimakan sama saus. samosa itu gampang banget loh bikinnya!(yeee sombong). ingetin aku yah buat ngepost resepnya ala aku?.
3. Amerika Serikat
disana, lebaran memang tak sehangat di Indonesia, kenapa? mungkin karena pemeluk agama Islam masih sedikit, terus hari lebaran juga enggak ditetapkan sebagai libur nasional. bahkan kapan mulai dan berakhirnya puasa pun enggak diumumkan disana, kapan waktu berbuka dan kapan imsak pun enggak ada ditv-tv atau koran. biasanya mereka tahu yang kayak gitu dari email atau website. untung makanan, opor ayam beserta lontong atau ketupatnya ada, tapi biasanya jarang tiap rumah masak sendiri, mereka pesen ke katering atau makan yang udah disediain di gathering. untuk kue-kuenya juga mulai dari nastar hingga kastengel ada, tapi agak susah nyarinya, kalopon ketemu, yang jual juga orang indonesia juga. untuk shalat id. mereka biasanya shalat disuatu tempat(bukan lapangan), dan biasanya umat muslim(yang umumnya masyarakat indo) dari berbagai negarabagian datang ketampat itu untuk shalat id sama-sama, jadi salat idnya gak buka cabang dimana-mana kayak di indo. hehe. 

4. Jepang
di Jepang, tampaknya Lebaran bukan acara yang asing-asing amat buat para masyarakatnya(yang non muslim gitu). hilal disana sudah ada yang menentukan, yaitu Ruet e Hilal Committee of Japan (Komite Ru’yat Hilal Jepang), dan katanya, kalau hilal gak kliatin juga, mereka ngikutin malaysia(entah kenapa kudu malaysia, mungkin negara muslim terbanyak yang terdekat). untuk makanan, sepertinya(lagi-lagi) susah buat nemu ketupat+opor ayam+teman-teman pelengkapnya. tapi kata sumberku, lontong sih ada. dan lagi-lagi kebanyakan masyarakat muslim disana nemu begituaan di sejenis 'lebaran party' atau gathering kali ya?. tapi! aku nemu info di internet, kalau sekarang dijepang udah ada pengrajin bungkus ketupat. baguslah!. untuk kue-kuenya, dijepang katanya ada semacam kue kering, tapi kuenya mini, alias kecil=kecil. hehe. gambarnya? nyusul, tunggu temenku kirim yak?. hehe

terus? negara apa lagi yak?. pengennya sih dari korea, tapi berhubung orang yang kukenal disana uda tua, alias kakeknya temenku, jadi malu mo nanyanya, udah gitu pasti ngomong ngaler ngidol! jadi tunggu aja lanjutannya, tahun depan! hehe. atau request aja negara yang mau di tampilin. OK?. THANKS!

atau malah mau sharing? ditunggu ah commentnya!

0 Komentar:

Posting Komentar

if you like my article or writing.
please leave me your comment for supporting me to write better.
thanks:D